img

TIPS SEDERHANA MERAWAT KUCING KESAYANGAN

Artikel kami kali ini ditujukan untuk anda para pecinta kucing. Meskipun kadang menyebalkan, akan tetapi kucing efektif untuk mengurangi stress. Selain menggemaskan, kucing juga bisa menjadi teman di saat anda sedang kesepian maupun sedih. Akan tetapi itu semua akan berlangsung mulus apabila anda tahu cara merawat kucing di rumah dengan tepat. Untuk anda yang belum tahu, akan lebih baik jika anda simak baik-baik ulasan kami dibawah ini.

Inilah Beberapa tips Sederhana Dalam merawat Kucing

Merawat kucing memang bisa dibilang sulit terutama bagi pemula. Maka dari itu, jika anda ingin memelihara kucing, pastikan untuk merawat dengan baik dan tepat. Inilah beberapa tips sederhana dalam merawat kucing yang harus anda tahu.

  • Pahami kebutuhan dan asupan gizinya dari kecil

Anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan kucing dewasa? Akan tetapi bukan artinya harus diberi makan terus. Biasanya anak kucing akan mulai belajar makan setelah umur 5 sampai dengan 6 minggu. Meskipun anak kucing tersebut masih menyusu pada induknya. Anda bisa memberikan makanan secara rutin 4 kali sehari. Pastikan juga anda memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi untuk kesehatan kucing.

  • Jangan berikan makanan anjing untuk kucing

Hal yang satu ini terkadang dilakukan oleh anda yang memang suka merawat kucing dan anjing. Biasanya karena alasan menghemat biaya, anda hanya akan membeli makanan untuk satu jenis hewan saja. Perlu anda ketahui bahwa makanan anjing ini tidak memiliki kandungan taurin. Kandungan ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

  • Kucing adalah carnivora alami

Berilah kucing tersebut makanan yang berasal dari daging hewan. Seperti halnya dengan ayam, sapi maupun ikan. Maka dari itu, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sebaiknya dihindari. Karena makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik oleh kucing. Bahkan anda juga harus tahu bahwa kucing yang diberi makan sayur dan nasi membuat kotorannya lebih berbau dibandingkan dengan kucing yang memakan daging.

  • Mandikan kucing secara teratur

Merasa tidak nyaman dengan bulu kucing yang bau? Anda bisa memandikannya sesekali. Saat memandikannya, setidaknya anda pilih air dingin. Karena air panas hanya akan merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing tersebut. Jika kucing rewel, gunakan tisu basah untuk menghilangkan bau. Agar lebih wangi, maka anda bisa semprotkan parfum khusus kucing ke badannya untuk menghindari pertumbuhan kutu.

  • Sikat bulu kucing secara rutin

Meskipun kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup mandiri. Akan tetapi tidak ada salahnya jika sesekali anda memanjakannya. Anda bisa memulainya dengan sering-sering menyikat bulunya menggunakan sisir khusus. Terlebih jika kucing yang anda pelihara memiliki bulu tebal. Selain dapat membuat kucing merasa nyaman. Hal ini juga bisa membantu menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri yang ada pada bulu kucing.

  • Pergi keluar dan bermain dengannya

Seperti halnya anda, pasti pernah merasa bosan terus menerus berada di rumah. Merawat kucing juga termasuk membawanya jalan-jalan agar tidak hanya raga akan tetapi jiwanya juga senang.

Itulah beberapa tips yang bisa anda ketahui dalam merawat kucing kesayangan. Memiliki kucing yang sehat dan lincah menjadi idaman pecinta kucing. Jadi perhatikan baik-baik tips diatas untuk bisa merawat kucing dengan cara paling tepat.